Cari Blog Ini

18 Mei 2017

DOWNLOAD CONTOH SILABUS SMP LENGKAP KURIKULUM 2013 TERBARU 2017


Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Pasal 3, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa; bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Dalam mencapai tujuan pendidikan nasional dan menghadapi tantangan abad 21 yang ditandai dengan perkembangan teknologi yang pesat, ilmu pengetahuan alam menjadi salah satu landasan penting dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, pembelajaran ilmu pengetahuan alam diharapkan dapat menghantarkan peserta didik memenuhi kemampuan berikut ini:
1)    Keterampilan belajar dan berinovasi yang meliputi berpikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah, kreatif dan inovatif, serta mampu berkomunikasi dan berkolaborasi.
2)     Terampil untuk menggunakan media, teknologi, informasi dan komunikasi (TIK).
3)    Kemampuan untuk menjalani kehidupan dan karir, meliputi kemampuan beradaptasi, luwes, berinisiatif, mampu mengembangkan diri, memiliki kemampuan sosial dan budaya, produktif, dapat dipercaya, memiliki jiwa kepemimpinan, dan tanggungjawab.


  Memperhatikan konteks global dan kemajemukan masyarakat Indonesia, misi dan orientasi Kurikulum 2013 diterjemahkan dalam praktik pendidikan dengan tujuan khusus agar peserta didik memiliki kompetensi yang diperlukan bagi kehidupan masyarakat di masa kini dan di masa mendatang, sebagaimana ditunjukkan pada Gambar 1. Kompetensi yang dimaksud yaitu: (1) menumbuhkan sikap religius dan etika sosial yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara; (2) menguasai pengetahuan; (3) memiliki keterampilan atau kemampuan menerapkan pengetahuan dalam rangka melakukan penyelidikan ilmiah, pemecahan masalah, dan pembuatan karya kreatif yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. 

Berikut disajikan contoh lengkap silabus SMP lengkap kurikulum 2013, melalui link berikut ini.
1. SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP K-13

2. SILABUS AGAMA KRISTEN SMP K-13

3. SILABUS AGAMA KHATOLIK SMP K-13
4. SILABUS AGAMA HINDU SMP K-13

5. SILABUS AGAMA BUDHA SMP K-13 

6. SILABUS AGAMA KHONGHUCU SMP K-13 
7. SILABUS PPKN SMP K-13

8. SILABUS BAHASA INDONESIA SMP K-13

9. SILABUS BAHASA INGGRIS SMP K-13 

10. SILABUS MATEMATIKA SMP K-13 

11. SILABUS IPA SMP K-13

12. SILABUS IPS SMP K-13

13. SILABUS PJOK SMP K-13

14. SILABUS PRAKARYA SMP K-13

Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Entri yang Diunggulkan

MERDEKA MENGAJAR