Cari Blog Ini

21 November 2016

CONTOH RPP KIMIA LENGKAP EDISI REVISI KURIKULUM 2013


 RPP

A.    Identitas
Satuan Pendidikan      : SMA Negeri
Mata Pelajaran              : Kimia
Kelas/Semester             : XI/ 1 (Ganjil)
Materi Pokok                : Senyawa Hidrokarbon dan Minyak Bumi
Alokasi Waktu              : 2 jam pelajaran (1 pertemuan)
 B.   Kompetensi Inti
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukka sikap sebagai bagian dari solus atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.     Memahami, menerapkan, dan menganali­sis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasar-kan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerap-kan pengetahuan prose-dural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat-nya untuk memecahkan masalah.
4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
C.    Kompetensi Dasar
1.1.   Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.1.   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,  teliti, bertanggung  jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2.   Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3.   Menunjukkan perilaku responsif, dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.1.   Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya
4.1.   Menemukan berbagai struktur molekul hidrokarbon dari rumus molekul yang sama dan memvisualisasikan­nya.
D.    Indikator
1.     Mengagungkan kebesaran Tuhan YME
2.     Menyadari bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME adalah yang terbaik untuk semua ciptaan-Nya.
3.     Rasa Ingin tahu
4.     Menjelaskan pengertian senyawa hidrokarbon
5.     Menjelaskan kekhasan atom karbon
6.     Mengidentifikasi atom karbon primer, sekunder, dan tersier
7.     Menjelaskan struktur dan tata nama alkana, alkena, dan alkuna.
E.    Tujuan Pembelajaran
1.   Menumbuhkan kesadaran diri akan keagungan Tuhan YME.
2.   Menumbuhkan kesadaran akan ketetapan Tuhan YME merupakan ketetapan yang terbaik untuk kehidupan umat manusia melalui kegiatan mengamati tayangan video atau animasi dan kegiatan latihan kelompok/individu yang imajinatif.
3.   Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, tekun/ulet dan saling menghargai pendapat melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab dan penugasan individu.
4.   Melalui diskusi dan latihan, siswa dapat menjelaskan pengertian senyawa hidrokarbon
5.   Melalui diskusi dan latihan, siswa dapat menjelaskan kekhasan atom karbon
6.   Melalui diskusi dan latihan, siswa dapat mengidentifikasi atom karbon primer, sekunder, dan tersier
7.   Melalui diskusi dan latihan, siswa dapat menjelaskan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.
F.    Materi
1.   Pengertian senyawa hidrokarbon
2.   Kekhasan atom karbon
3.   Atom karbon primer, sekunder, dan tersier  
4.   Struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna
G.    Strategi Pembelajaran
Model              : SOCT (Structure Oriented Chemistry Teaching)
Pendekatan      : Lingkungan
Metode            : Ceramah, diskusi, tanya jawab
H.    Media dan Sumber Belajar
1.   Media                    : Papan tulis, laptop, LCD, dan Infokus
2.   Sumber Belajar      : J.M.C. Johari, M.Sc. dan Ir. M. Rachmawati, M.Phil. 2007. Kimia 1 untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta : esis.


 I.    Langkah-langkah Pembelajaran

1.   Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
a.   Guru mengucapkan salam kepada siswa dengan senyum yang bersahabat/ komunikatif;
b.   Guru mengajak siswa berdoa bersama sesuai keyakinan masing-masing;
c.   Guru memeriksa kehadiran siswa;
d.   Guru melakukan apersepsi dan memotivasi siswa dengan cara mengajukan pertanyaan tentang bahan-bahan apa saja yang dipergunakan/ ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan senyawa karbon;
e.   Guru menyampaikan materi pembelajaran, tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa dan kegiatan pembelajaran hari ini;
f.    Siswa diminta duduk bersama kelompoknya masing-masing.
2.   Kegiatan Inti (60 menit)
a.  Siswa dalam kelompok diminta untuk mengamati produk-produk kimia dalam kehidupan yang berhubungan dengan senyawa karbon. Kemudian, Siswa dalam kelompok membaca materi tentang senyawa karbon, kekhasan atom karbon, atom karbon primer, sekunder, dan tersier serta struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.
b.   Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan senyawa karbon. Apa itu senyawa karbon ? Apa saja kekhasan dari atom karbon ?
c.   Siswa dalam kelompok diminta mengkaji literatur tentang senyawa karbon, kekhasan atom karbon, atom karbon primer, sekunder, tersier dan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.
d.   Guru mengamati, menjawab pertanyaan, dan membimbing siswa atau kelompok yang masih ada kesulitan.
e.   Siswa menyimpulkan tentang senyawa karbon, kekhasan atom karbon, atom karbon primer, sekunder, tersier dan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.
f.    Perwakilan masing-masing kelompok menyampaikan hasil (presentasi) diskusinya dan kesimpulannya dengan tata bahasa yang benar.
g.   Guru mengamati penyampaian hasil diskusi dan meminta kelompok lain menjadi penyanggah. Kemudian Kelompok penyaji menanggapi, mencatat, dan menjawab setiap pertanyaan dari kelompok lain.
h.   Guru memberikan apresiasi kepada kelompok penyaji dan kelompok lain yang berpartisipasi aktif. Selanjutnya, guru memberikan penegasan pada setiap pokok materi bahasan hasil diskusi.
3.   Kegiatan Penutup (15 menit)
a.   Bersama siswa menyimpulkan kekhasan atom karbon, atom karbon primer, sekunder, tersier dan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna
b.   Melaksanakan evaluasi pembelajaran
c.   Memberikan tugas membaca materi selanjutnya untuk pertemuan yang akan datang.
d.   Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
J.    Penilaian Hasil Pembelajaran
1.     Jenis Tagihan             : Tugas  Individu
2.     Alat ukur                   : Tes Tulis
3.      Bentuk                       : Pilihan Ganda
4.     Instrumen Penilaian Kognitif
5.     Instrumen Penilaian Sikap
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Mengajukan Pertanyaan
Mengajukan Pendapat
Menggunakan Bahasa Baku
Menerima Perbedaan

























Keterangan :
1.     Kurang                      = 1                   Nilai = (Jumlah Skor Perolehan : 12) X 100
2.     Baik                          = 2
3.     Sangat BaikNilai       = 3

6.     Instrumen Penilaian Keterampilan : Penilaian Proyek
Menyusun laporan tentang contoh senyawa karbon yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Topik
Relevansi
Asli
Inovasi

























Keterangan :
1.     Kurang                      = 1                   Nilai = (Jumlah Skor Perolehan : 12) X 100
2.     Baik                          = 2
3.     Sangat BaikNilai       = 3

Catatan  Supervisi :
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………





Instrumen Penilaian Kognitif
KISI-KISI NASKAH SOAL PILIHAN GANDA
BAB I KIMIA KELAS XI

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pembelajaran
Indikator Soal (TP)
Butir soal Pilihan Ganda
Kunci Jawaban
Nomor Soal
1
3.1  Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya
3.1.1. Menjelaskan pengertian senyawa hidrokarbon
Diberikan beberapa contoh senyawa, siswa dapat mengelompokkan contoh senyawa hidrokarbon  dengan benar
Perhatikan beberapa Senyawa berikut !
1.      CH6 dan C12H22O11       4. CO2 dan H2O
2.      CH4 dan C2H4                  5. CH4 dan CO2
3.      C2H4 dan C6H12O6
Pasangan Senyawa yang merupakan Senyawa hidrokarbon ditunjukkan oleh nomor . . .
A.    1     B. 2       C. 3        D. 4         E.5  
B
1
3.1.2. Menjelaskan kekhasan atom karbon
Diberikan pernyataan tentang kekhasan atom karbon, siswa dapat menjelaskan alasan mengenai kekhasan atom karbon tersebut dengan benar.
Salah satu faktor yang menyebabkan senyawa karbon banyak jumlahnya adalah . . .
a   atom karbon mempunyai 6 elektron valensi                         
b.  atom karbon sangat reaktif
c.  titik didih karbon sangat tinggi
d.  atom karbon mempunyai 4 elektron valensi
e.  atom karbon lebih mudah larut dalam air
D
2
3.1.3. Mengidentifikasi atom karbon primer, sekunder, dan tersier
Diberikan strukur dari senyawa hidrokarbon, siswa dapat mengidentifikasi atom karbon primer, sekunder, dan tersier.
Perhatikan struktur senyawa hidrokarbon berikut !
Secara berurutan jumlah atom karbon primer, sekunder dan tersier sebanyak . . .
A.    3, 3, 1    B. 3, 2, 1     C. 2, 3, 4     D. 1, 3, 3    E. 1, 2, 3

A
3

Diberikan struktur senyawa hidrokarbon, siswa dapat menentukan atom karbon kuartener dengan benar
Flowchart: Connector:    3Flowchart: Connector: 5Perhatikan struktur senyawa berikut !
Flowchart: Connector: 4Flowchart: Connector: 2Flowchart: Connector: 1

Atom karbon kuartener ditunjukkan oleh nomor . . .
A.    1    B. 2    C. 3    D. 4   E.5
C
4

Lanjutan Kisi-kisi BAB I Kimia Kelas 10 …..
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pembelajaran
Indikator Soal (TP)
Butir soal Pilihan Ganda
Kunci Jawaban
Nomor Soal

3.1.4.Menjelaskan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.

Diberikan struktur senyawa alkana, siswa dapat menjelaskan nama IUPAC dari struktur berikut dengan benar
Perhatikan struktur senyawa alkana berikut!
Nama IUPAC dari struktur diatas adalah . . .
A.   2,3,3,4 –tetrametilpentana
B.    1,2,3,4 –tetrametilpentana
C.    2,3,3,4 –tetrametilheptana
D.   2,3,3,4 –tetrametiheksana
E.    1,2,3,4 -tetrametilheksana
A
5

Diberikan struktur senyawa alkena, siswa dapat menjelaskan nama IUPAC dari struktur berikut dengan benar
Perhatikan struktur senyawa alkena berikut !
Nama IUPAC dari struktur diatas adalah  . . . .


A.    2,3-dietil-4-metil-1-butena
B.     2,3-dietil-4-metil-1-heptena
C.     2,3-dietil-4-metil-1-heksena
D.    3,4-dietil-2-metil-1-heksena
E.     2,4-dietil-3-metil-1-heksena
C
6

Diberikan struktur senyawa alkuna, siswa dapat menjelaskan nama IUPAC dari struktur berikut dengan benar
Perhatikan struktur senyawa alkuna berikut !
Nama IUPAC dari struktur diatas adalah  . . . .
A.    2,2,5-trimetil-3-heptuna
B.     3,3,5-trimetil-3-heksuna
C.     2,2,5-trimetil-3-pentuna
D.    3,3,5-trimetil-3-heptuna
E.     2,2,5-trimetil-3-oktuna
A
7



Keterangan :

Nilai  = ∑ Jumlah skor yang diperoleh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Entri yang Diunggulkan

MERDEKA MENGAJAR