Cari Blog Ini

30 Oktober 2016

Kemendikbud Usulkan Dana BOS SMK Naik Tiga Kali Lipat



Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Mustaghfirin Amin, mengatakan pihaknya sedang mempertimbangkan usulan kenaikan dana bantuan operasional sekolah (BOS). Dana tersebut diharapkan dapat naik hingga tiga kali lipat.

"Kenaikan ini sebetulnya sudah lama diusulkan. Pertimbangannya untuk kelancaran pembelajaran di SMK,

Saat ini, besaran dana BOS SMK sama dengan dana BOS untuk SMA, yakni Rp 1,4 juta per siswa untuk satu tahun. Dana ini disalurkan setiap tiga bulan sekali secara bertahap. Pihak Kemendikbud, mengusulkan kenaikan dana BOS SMK setidaknya mencapai Rp 3 juta per siswa setiap tahun. Kenaikan nantinya dapat digunakan untuk penguatan kegiatan praktik, baik mendatangkan guru di sekolah maupun praktik industri. 

"Usulan kenaikan dana BOS penting mengingat kondisi ekonomi siswa SMK yang mayoritas tidak sekuat siswa di sekolah lain. Langkah ini merupakan bentuk pemberdayaan pembelajaran di SMK , "

Berdasarkan data yang dihimpun dari Kemendikbud, penerima dana BOS SMK pada 2016 sebanyak 4.418.436 siswa. Jumlah tersebut berasal dari 12.984 SMK di seluruh Indonesia.

http://www.republika.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Entri yang Diunggulkan

MERDEKA MENGAJAR